Luar Biasa, Demi Laksanakan Ibadah Haji Pria Ini Jalan Kaki 8.600 KM Setahun Perjalanan ke Makkah, Berikut Niat dan Doa Buka Puasa Arafah

dok net

JAKARTA  (SURYA24.COM)– Keimanan terkadang membuat seseorang melakukan tindakan luar biasa. Dengan kata lain, tak banyak orang mengikutinya. Ya, dikabarkan seorang pria asal Kerala, India, berjalan kaki menuju Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Dia tiba di kota suci Makkah setelah berjalan lebih dari 8.600 kilometer.

Shihab Chottur berjalan kaki melintasi berbagai negara dimulai dari India menuju Pakistan, Iran, dan Kuwait lalu menuju Arab Saudi. Total jarak yang ditempuh sepanjang 8.640 kilometer.

Dikutip dari laman Times Now News yang dilansir merdeka.com, , Senin (26/6), Chottur yang berprofesi sebagai YouTuber itu mulai berjalan dari kampung halamannya di Kerala utara pada 2 Juni 2022. Dia lalu menyeberangi perbatasan Kuwait menuju Saudi pada pekan kedua Mei 2023.

Chottur langsung berkunjung ke Madinah dan berziarah ke makam Nabi Muhammad sebelum menuju ke Makkah 21 hari kemudian.

Dia berjalan hampir 440 kilometer antara Madinah dan Makkah hanya dalam sembilan hari. Dia akan mengakhiri jalan kakinya ini ketika ibunya, Zainaba tiba di tanah suci dari Kerala, India untuk bersama-sama melaksanakan ibadah haji.

Chottur melewati beberapa negara bagian di India saat menuju perbatasan Wagah, di mana dia mulai memasuki Pakistan. Visa transitnya sempat ditolak kedutaan Pakistan. Petisi agar dia diberikan visa tersebut ditolak oleh Pengadilan Tinggi Lahore. Namun kemudian keputusan itu dianulir di Mahkamah Agung.

Chottur akhirnya mendapatkan visa tersebut pada Februari dan melanjutkan perjalanannya ke Makkah.

Niat dan Doa Buka Puasa

Dibagian lain, niat dan doa buka puasa Arafah tentu penting diketahui oleh umat Islam yang akan menjalankan ibadah ini. Sebelum merayakan Hari Raya Idul Adha, umat Islam di dunia dianjurkan melaksanakan puasa sunnah.

Ada beberapa puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Salah satunya ialah puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa sunnah ini memiliki keutamaan bagi yang melaksanakannya akan diampuni dosa kecil selama dua tahun yang lalu dan akan datang.

"Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura [tanggal 10 Muharam] menghapus dosa setahun yang lalu." (HR Muslim)

Membaca niat merupakan salah satu syarat sahnya puasa Arafah. Berikut merdeka.com membagikan bacaan niat dan doa buka puasa dilansir dari berbagai sumber, Senin (26/6/2023):

Niat Puasa Arafah

???????? ?????? ???? ???? ??????? ??????? ?????? ???????? ????? ????????

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa i sunnati Arofah Lillaahi Ta'aalaa

Artinya: Aku niat puasa sunnah Arafah besok hari karena Allah.

Atau dengan bacaan lain niat puasa Arafah

???????? ?????? ???????? ??????? ?????? ????????

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi Ta'aalaa

Artinya: Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala.***